Dinperpusip Lahat Terapkan Pembelajaran Aplikasi SRIKANDI Kepada Sejumlah OPD

Dinperpusip Lahat Terapkan Pembelajaran Aplikasi SRIKANDI Kepada Sejumlah OPD


LAHAT, SL - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Lahat menggelar penerapan aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) kepada sejumlah OPD Pemkab Lahat, Senin (06/05/24).


Beberapa OPD Pemkab Lahat yang mengikuti pembelajaran penerapan aplikasi SRIKANDI dari tim 1 arsiparis Dinperpusip Lahat diantaranya Bappeda  dan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lahat.


Kadin Dinperpusip Lahat H.Firdaus Kurniawan mengemukakan, aplikasi Srikandi memiliki beberapa fitur seperti fitur penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, penandatanganan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah.

Dia menjelaskan penerapan aplikasi Srikandi dalam lingkungan instansi pemerintah diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan serta menjadi memori kolektif bangsa karena pengelolaan informasi berbasis digital dapat terekam dengan baik dan memudahkan koordinasi.

“Keberhasilan penerapan aplikasi Srikandi ini tentu terletak pada peran, kolaborasi dan komitmen yang kuat dari seluruh OPD di lingkungan pemerintah yang berkaitan sehingga tertib arsip, tranformasi digital dalam kearsipan dan penyelenggaraan SPBE dapat terwujud,” tegasnya.

Menurut dia, inovasi merupakan cara baru dalam tata kelola pemerintahan agar lebih efektif dan efisien.

"Hal inilah yang mendorong pihaknya untuk berkomitmen menerapkan aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kabupaten Lahat," ungkapnya.(Red) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Smartwatchs