Serba - Serbi Kegiatan Jemaah Haji Kabupaten Lahat Kloter 13 PLM

Serba - Serbi Kegiatan Jemaah Haji Kabupaten Lahat Kloter 13 PLM


SL - Pada hari ini Rabu tanggal 14 Juni 2023 Jemaah Haji Kabupaten Lahat Kloter 13 PLM  melaksanakan pembayaran DAM berupa menyembelih 1 ekor kambing karena haji tamattu. Adapun jumlah jemaah Haji Yang membayar DAM hari ini sebanyak 70 jemaah terdiri dari Petugas Kloter  sebanyak 4 orang, PHD Provinsi Sumsel sebanyak 6 orang dan jemaah Haji  Lahat sebanyak 60 Orang, hal ini disampaikan oleh Karom 1 Drs. H.Nafikurohman, MM  didampingi KARU 1 Idham Kholik Ansory, S.Pd.I, MM dan Karu 5 Rudi Dharma Setiawan.


Setelah pelaksanaan penyembelihan Dam, jamaah melakukan city tour Mekkah, Meninjau lokasi arafah, mina, muzdalifah dan  jamarat merupakan tempat saat puncak pelaksanaan ibadah haji pd tanggal  9, 10, 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Pada hari berikutnya jemaah haji melakukan tour ke tempat tempat bersejarah di makkah seperti,  Jabal Tsur, jabal nur, jabal rahma dan Gua Hira.. akan tetapi mengingat cuaca sangat panas, suhunya  mencapai 41 derajat yang sudah masuk kategori siaga 2, maka jemaah haji hanya diperkenankan tetap berada di dalam bus sambil mendengarkan penjelasan dari  muthowif.


Pada hari Kamis 15 Juni 2023 jamaah haji Kabupaten Lahat Kloter 13 melakukan Umroh Sunnah, kegiatan diawali dengan sholat subuh berjamaah di musholah hotel Al zaytun lantai MI, selanjutnya sarapan pagi, persiapan pakaian Ihram dan sudah standby di Bus pukul 07.00 WAS.

Seluruh  jamaah dihitung dan dipastikan sudah lengkap untuk menghindari ada jamaah yang ketinggalan, kemudian menuju Tan em untuk mengabil Miqot atau niat umroh, sholat sunnah umroh di masjid Aisyiyah di Tan em,  setelah itu langsung menuju Masjidil Haram melaksanakan seluruh rangkaian Ibadah umroh, tawaf, Sholat sunat Umroh, sai dan tahallul.


"Alhamdulillah Umroh sunat berjalan lancar seluruh jemaah telah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah sesuai rukun dan sunnah..selesai melaksanakan Ibadah Umroh  jemaah haji menuju terminal bus untuk  menuju hotel" terang   H.Nafikurohman.


Sebagai wujud rasa syukur dan mempererat rasa kekeluargaan diantara para  jamaah dan petugas Kloter 13 PLM ( Ketua Kloter, TKHI, TPIHI)  melaksanakan Wisata kuliner dengan makan bersama makanan  khas Arab Saudi " NASI KEBULI dan selanjutnya jemaah istirahat sambil menunggu jadwal jadwal kegiatan selanjutnya.


Sementara itu, selama di pemondokan  jamaah diberikan kegiatan pengajian rutin dengan materi motivasi, ibadah, dan ibadah seputar ibadah haji. (Red) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Smartwatchs