Kali Pertama Di Sumsel Dinas TPH & Pertanian Lahat Gelar Pasar Tanihat

Kali Pertama Di Sumsel Dinas TPH & Pertanian Lahat Gelar Pasar Tanihat


LAHAT, SL - Guna menghindari Lonjakan harga Sayuran dimasyarakat dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Pertanian kabupaten Lahat menggelar kegiatan Pasar Tani, kemarin. Kegiatan pertama kali digelar untuk Provinsi Sumsel ini selain mendapat respon positif dari masyarakat juga diyakini dapat menopang program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang selama ini digalakkan Pemprov Semsel dan Pemkab Lahat.

Pantauan wartawan dilapangan, kegiatan yang berlangsung dihalaman kantor Dinas TPH&P Kabupaten Lahat bekerja sama dengan DPD Perhiptani Kabupaten Lahat,Kampung wisata bengkurat citu, Bank Sumsel Babel dan Poktan dan UMKM lahat berlangsung Khidmad dan membuat masyarakat semakin optimis tingkat kebutuhan pangan akna semakin terpenuhi dengan banyak nya terobosan dan ide brilian dari Kadis TPH Eti Listiana,SP,MM

Dalam sambutannya Kustanto ketua DPD Perhiptani Kabupaten Lahat sekaligus ketua pelaksana kegiatan menyampaikan,Bahwa kegiatan pasar tani di halaman kantor Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Lahat tersenggara atas dasar inisiatif seluruh teman teman petani dan penyuluh yang telah tergabung di DPD Perhiptani.

Sambungnya lagi,bahwa untuk Pelaksanaan pasar tani berawal dari pihak kementerian pertanian yang telah terlebih dahulu melakukan pasar tani,dan untuk Sumatera Selatan yang ada di 17 Kabupaten kota saat ini baru Kabupaten Lahat yang melakukan kegiatan Pasar tani.

”Jadi dari 17 Kabupaten kota di Provinsi Sumatera Selatan baru Kabupaten Lahat yang melakukan kegiatan Pasar tani ini,dan untuk pembiayaan sendiri kita modal sendiri Tanpa ada bantuan dari pemerintah,” ujar Kustanto.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, Untuk produk pasar tani ini berasal dari tangan petani langsung untuk dijual disini,bahkan harganya lebih murah dari harga pasar dan untuk kegiatan ini rencananya akan kita buka setiap hari.

” Insyaallah pasar tani ini akan kita buka setiap hari dari pukul 06.00 wib hingga pukul 16.00 wib,bagi ibu-ibu yang ingin sayuran dan aneka buah segar bisa langsung ke Halaman Kantor Dinas TPH dan Peternakan Lahat,” ungkap Kustanto.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Dinas Tanamam Pangan Holtikultura dan Peternakan Lahat Etty Listina, SP, MM menyambut baik atas inisiatif para penyuluh pertanian dan pihak DPD Parhiptani yang melakukan kegiatan Pasar Tani,bahkan mampu membuat Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan semakin bangkit dan berinovasi.

” Tentu saja selaku Kepala Dinas TPH dan P sangat menyambut baik kegiatan pada hari ini, apalagi harganya lebih murah dari harga pasar,kami berharap kegiatan ini bisa pembantu para petani secara langsung ,” ujar Kepala Dinas TPH dan P Kabupaten Lahat Etti Listina pada awak media.(Man) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Smartwatchs